Fakta Konser Nogizaka46 Manatsu no Zenkoku Tokyo Dome Final

Nogizaka46 Tokyo Dome Concert

Tanggal 7 & 8 November 2017, idol grup Nogizaka46 menggelar konser final Manatsu Zenkoku Tour 2017 di Tokyo Dome. Berikut ini rangkuman fakta-fakta tentang konser tersebut yang dikumpulkan dari berbagai sumber:

1. Konser ini akhirnya bisa dilakukan setelah 5 tahun 8 bulan sejak debut mereka di tahun 2012.
2. Tokyo Dome menjadi konser dengan jumlah penonton terbanyak sepanjang sejarah Nogizaka46, yaitu 100.000 untuk 2 hari konser.

3. Saat encore, Nogizaka46 membawakan lagu 'Nogizaka no Uta' dan venue dihiasi oleh penlight warna ungu. Lalu ketika lagu selesai dan member membungkukkan badan mengucapkan terima kasih pada fans yang hadir, fans memberikan kejutan dengan menghidupkan penlight yang membentuk kalimat "乃木坂46 アリガトウ / Nogizaka46, Terimakasih"

Melihat hal ini member menangis dan kapten Sakurai Reika mengatakan, "Masih ada tempat luar biasa lainnya selain Tokyo Dome. Kami akan membawa kalian ke tempat-tempat menakjubkan lainnya, jadi silakan menantikannya."

4. Konser di Tokyo Dome berhasil dilakukan dengan jumlah 46 member! (Termasuk Nakamoto Himeka dan Ito Marika yang sudah mengumumkan kelulusan mereka)

5. Saat w-encore member menyanyikan lagu kikkake. Nakamoto Himeka berkomentar: "Semuanya terimakasih banyak. Aku suka lirik 'Kimi no Nawa Kibou' yang mengatakan "Masa depan merupakan panggung yang akan selalu membawa kegembiraan baru". Aku percaya masa depan Nogizaka46 akan menjadi hal yang luar biasa. Mohon terus dukung Nogizaka. 6 tahun bersama Nogizaka46. Terimakasih banyak."

Sedangkan Ito Marika berkomentar: "Sebagai generasi pertama, aku telah aktif sebagai member selama 6 tahun. Berkat dukungan fans, member yang kucintai dan staf, akhirnya aku bisa menjadi sosok idol dan berdiri di atas panggung ini. Dan aku sangat senang bisa menyanyikan lagu favoritku, 'Kikkake'. Ini akan menjadi awal bagi ku, bagi Himetan [Nakamoto Himeka] dan juga Nogizaka. Aku harap kalian terus mendukung Nogizaka46 dan member. Terimakasih banyak untuk momen luar biasa di hari ini."
Kemudian mereka berdua membungkukkan badan dan berteriak 'terima kasih!' lalu berbalik dan disambut member lainnya.

6. Tanaka Miku dan Yabuki Nako HKT48 datang ke Tokyo Dome untuk report AKB Show.
7. Banyak artis dan penyanyi yang mengupload di twitter tentang kedatangan mereka di konser Nogizaka46. Seperti Keyakizaka46, rekan kerja member, ex-member, member idol grup lain, bahkan aktris stageplay.

8. Nogizaka46 membuat encore movie untuk konser mereka di Tokyo Dome dan diupload di channel Youtube mereka.
Encore day 1: https://www.youtube.com/watch?v=WMYpK6PMe7s
Encore day 2: https://www.youtube.com/watch?v=16RVaiLPxAw

9. Ada fans yang keramas ketika Nogizaka46 menyanyikan Oide Shampoo.
10. Ada total 460 gadis SMA yang berpartisipasi pada lagu Seifuku no Mannequin.
11. Wakatsuki Yumi tidak tampil di konser hari kedua karena bertabrakan jadwal. Dia harus tampil di Stage Play "Smart Moteryman Kouza 2017”

12. Pada hari pertama, terjadi kecelakaan jatuhnya kamera seberat 40kg dan mengenai penonton. 3 orang luka ringan.
13. Banyak fans yang tidak dapat tiket, berkumpul di luar Tokyo Dome. Walaupun hanya mendengar suara saja.
*Nanti jika ada tambahan info, akan saya edit.
-->